Pemprov DKI Jakarta Abadikan Nama Gubernur Ali Sadikin pada Gedung Blok G Balai Kota

JAKARTA | INTIP24 – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengabadikan nama Ali Sadikin, gubernur DKI periode 1966-1977. Ali Sadikin (Bang Ali) adalah gubernur DKI periode 1966-1977.

Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, mengaku bersyukur setelah tiga tahun menanti keseriusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk mengabadikan nama Ali Sadikin. Ali adalah gubernur DKI periode 1966-1977.

Kini, Gedung Blok G Balai Kota DKI resmi bernama Grha Ali Sadikin. “Pengabadian nama Gubernur DKI Jakarta tahun 1966-1977 itu merupakan tanda penghargaan dari pemerintah atas jasa-jasa Ali Sadikin membangun Kota Jakarta,” kata Prasetyo kepada wartawan di lokasi pada Senin (11/12/2023).

“Ya kita kan menghargai tokoh DKI Jakarta, salah satu tokoh yang potensial itu adalah Pak Almarhum Ali Sadikin,” kata Prasetyo menambahkan. Dia menjelaskan, bentuk penghargaan bukan hanya perubahan nama gedung, melainkan juga rencana mengubah nama Jalan Kebon Sirih menjadi Jalan Ali Sadikin.

Bacaan Lainnya
Brimo

Prasetyo menyebut, perubahan nama jalan masih dikaji oleh tim internal Pemprov DKI. “Tidak hanya Blok G, untuk masalah jalan sedang kita kaji. Apakah itu memberatkan para pemilik wilayah atau kantor kan bakal diberatkan ke situ ya itu aja. Sedang dikaji,” kata politikus PDIP tersebut.

Seperti diberitakan, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyebut perubahan nama Gedung Blok G bertujuan untuk menghormati jasa Ali Sadikin.

“Ya menghormati beliau sebagai pendahulu kita Ali Sadikin, daripada tulisannya Blok G, iya ini aja,” kata kepala sekretariat presiden (kasetpres) tersebut.

Sementara itu, Boy Bernardi Sadikin selaku anak dari Ali Sadikin menyampaikan rasa terima kasih kepada Ketua DPRD serta Pemprov DKI atas pemberian nama sang ayah di kantor pusat Pemprov DKI. “Atas nama keluarga saya mengucapkan terima kasih banyak karena ada penghargan dari pemda,” ucap eks politikus PDIP itu.

Gedung Blok G Balai Kota DKI resmi bernama Grha Ali Sadikin per Senin.

Pj Heru Budi Hartono bersama Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi meresmikan Grha Ali Sadikin di Lobby Utama Balai Kota DKI, Jakarta Pusat pada Senin. Grha Ali Sadikin ini menjadi nama gedung yang selama ini dikenal sebagai ‘Blok G’. Peresmian tersebut juga dihadiri oleh salah satu putra dari Ali Sadikin, yaitu Boy Sadikin.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, Heru memakai baju putih dan celana hitam. Dia pun berbincang dengan Boy Sadikin, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Joko Agus Setyono, dan Prasetyo Edi.

Gedung Grha Ali Sadikin ini pun terlihat minimalis dan modern. Di gedung tersebut nuansanya perpaduan warna putih dan cokelat. Pj Heru mengatakan, penamaan Blok G menjadi Grha Ali Sadikin sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi terhadap jasa dan karya gubernur DKI ke-7 tersebut.

“Gedung Blok G ini diberi nama Grha Ali Sadikin sebagai bentuk untuk menghormati beliau sebagai pendahulu kita, yang telah memimpin Provinsi DKI Jakarta dengan baik,” kata Heru di lokasi.

Selain itu, penamaan Grha Ali Sadikin juga ditujukan untuk memberikan nilai sejarah bagi Blok G yang berada di kawasan bersejarah, yaitu Balai Kota DKI. Dengan begitu, gedung tersebut tidak lagi disebut sebagai Blok G, melainkan Grha Ali Sadikin



Dark-Cyberpunk-Toko-Produk-Teknologi-Instagram-Post-20240613-124639-0000

Pos terkait