Netanyahu: Usai Hamas Dihancurkan, Israel akan Ambil Alih Keamanan Gaza Sepenuhnya

INTIP24 – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan negaranya harus mengelola “keamanan keseluruhan” di Gaza untuk jangka waktu “tidak terbatas” setelah perang dengan Hamas berakhir.

Berbicara kepada ABC News dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Senin, Netanyahu ditanya tentang rencana jangka panjang Israel atas wilayah tersebut jika mereka berhasil membubarkan Hamas, dan menyarankan perlunya pengerahan pasukan dalam jangka panjang.

“Saya pikir Israel, untuk jangka waktu yang tidak ditentukan, akan memikul tanggung jawab keamanan secara keseluruhan [di Gaza] karena kita telah melihat apa yang terjadi jika kita tidak memilikinya,” katanya.

“Ketika kita tidak mempunyai tanggung jawab keamanan, yang kita alami adalah meletusnya teror Hamas dalam skala yang tidak dapat kita bayangkan.”

Bacaan Lainnya

Komentar tersebut tampaknya bertentangan dengan pernyataan para pejabat senior Israel di masa lalu.

Saat mengumumkan serangan darat besar-besaran terhadap wilayah kantong Palestina bulan lalu, Menteri Pertahanan Yoav Gallant menekankan bahwa pasukan Israel tidak boleh bertanggung jawab atas “kehidupan sehari-hari di Jalur Gaza.”

Meskipun pejabat tersebut mengatakan bahwa Israel akan menciptakan “fakta keamanan” baru di wilayah tersebut setelah perang yang terjadi saat ini, ia menyatakan bahwa Israel akan berusaha untuk menyerahkan pemerintahan pasca-konflik kepada pihak ketiga.

Sementara itu, meskipun secara vokal mendukung operasi militer Israel melawan Hamas, Washington telah memperingatkan bahaya pendudukan atas Gaza berikutnya.

1 2

Pos terkait


Blibli