Insiden Walk Out Delegasi pada KTT Iklim di Dubai, Begini Tanggapan Jokowi

JAKARTA – Presiden Joko Widodo alias Jokowi menanggapi isu sejumlah peserta meninggalkan ruangan atau walk out saat dirinya berpidato di Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Iklim COP28. Jokowi berpidato di acara itu di Dubai, Uni Emirat Arab pada 1 Desember 2023.

Jokowi tertawa kecil saat ditanya wartawan mengenai kabar adanya insiden walk out itu. Menurutnya, ada hal yang lebih penting dibandingkan isu-isu demikian.

“Yang paling penting satu, kita telah melakukan hal yang nyata dalam rangka menyelesaikan input, mengurangi urusan perubahan iklim yang semua negara khawatir,” kata Jokowi menjawab pertanyaan wartawan yang menemuinya di Jakarta Convention Center, Jakarta Selatan pada Kamis, 7 Desember 2023.

Jokowi memberikan contoh upaya pemerintah dalam menghadapi perubahan iklim. Di antaranya dengan membangun nursery atau tempat persemaian benih, konservasi mangrove, dan rehabilitasi hutan tropis.

Bacaan Lainnya

Kepala Negara pun membanggakan hasil yang dicapai pemerintah. “Urusan deforestasi kita turun sangat jauh, urusan kebakaran hutan dan lahan gambut kita turun jauh,” kata dia.

Menurut Jokowi, dirinya lebih berfokus pada usaha pemerintah dalam menangani masalah-masalah perubahan iklim. Dia menyatakan lebih memikirkan hal tersebut dibandingkan kabar-kabar lain.

“Aksi yang konkrit, aksi yang nyata. Kalau saya yang penting itu,” ujar Jokowi dikutip Tempo.

Jokowi tidak membantah ataupun membenarkan isu delegasi walk out di KTT Iklim COP28. Namun, hal tersebut sebelumnya sudah disangkal oleh Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury.

“Sama sekali tidak betul,” kata Pahala saat dikonfirmasi melalui pesan singkat pada Rabu, 6 Desember 2023. Saat event berlangsung, Pahala berada di lokasi bersama Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar.

Kabar soal insiden sejumlah peserta walk out awalnya tersebar di media sosial. Akun @widodol_joko mengunggah menunjukan foto presiden sedang pidato di ajang tersebut.

“PESERTA KONPERENSI WALK-OUT. Presiden Jokowi ke Dubai bicara di conference lingkungan COP28 _& pada kesempatan Jokowi berpidato ditinggal oleh para audience yang sebagian besar terdiri dari delegasi NGO Global seperti Greenpeace, Walhi, Save Borneo dan NGO lainnya. Benarkah?” tulis @widodol_joko.

Menurut Pahala, alih-alih ditinggalkan, justru Jokowi mendapat apresiasi dalam beberapa forum terkait pencapaian penurunan emisi. “Khususnya terkait dengan restorasi mangrove dan penurunan deforestasi,” katanya.

Dalam ruangan itu, menurut dia, tiap negara hanya diwakili oleh tiga orang saja. Untuk delegasi Indonesia, menurut dia, diwakili Presiden Jokowi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan dirinya. Dia memastikan tidak ada perwakilan NGO yang hadir saat itu.

Pos terkait


Blibli