Lombok Berbenah Jadi Destinasi Wisata Halal Terbaik

INTIP24NEWS | LOMBOK – Indonesia merupakan salah satu negara yang struktur masyarakatnya paling majemuk di dunia. Tercatat ada 1340 suku, 742 bahasa, dan ratusan budaya lokal. Meskipun terdiri dari berbagai macam suku, bahasa dan agama, kehidupan sosial masyarakat Indonesia tetap damai dan saling menghargai satu sama lain meskipun beda suku, bahasa maupun agama. Keberagaman ini mampu untuk dimaksimalkan masyarakat Indonesia untuk memunculkan suatu budaya lokal khas suatu daerah. Bahkan budaya-budaya tersebut dapat dinikmati oleh wisatawan. Negara mana lagi yang bisa menawarkan kemajemukan dan kearifan masyarakat dengan budaya khas yang bisa dinikmati oleh wisatawan selain Indonesia?

Mencium potensi dunia pariwisata yang menjanjikan, pemerintah berupaya untuk mempromosikan pariwisata Indonesia ke dunia internasional. Usaha tersebut sudah mulai terlihat hasilnya dalam kurun waktu beberapa tahun kebelakang. Selama lima tahun terakhir jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Gencarnya promosi “Visit Indonesia” ke dunia Internasional mampu untuk menarik minat wisatawan mancanegara berkunjung ke indonesia.

Pulau Bali atau yang dikenal dengan Pulau Dewata masih menjadi primadona wisatawan mancanegara sebagai salah satu tempat wisata terfavorit di Indonesia. Dengan menyuguhkan keindahan alam dan keunikan budaya lokal, Pulau Bali mampu untuk menarik jutaan wisatawan setiap tahunnya. Menurut data Direktorat Jendral Imigrasi, sejak tahun 2011 hingga 2015, wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Ngurah Rai, Bali selalu mengalami pengingkatan rata-rata 7,3 persen setiap tahunnya. Di tahun 2016, dari bulan Januari hingga November 2016 tercatat sebanyak 4.414.688 wisatawan mancanegara yang masuk melalui Bandara Ngurah Rai. Tidak menutup kemungkinan jumlah ini terus meningkat diditahun-tahun mendatang mengingat pemerintah terus mencoba menggenjot sektor pariwisata menjadi salah satu sektor penggerak ekonomi masyarakat.

Sekarang, Indonesia tak hanya memiliki Pulau Bali sebagai destinasi favorit wisatawan mancanegara. Kini Pulau Lombok telah berbenah untuk menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara. Letak Pulau Lombok yang berada tak jauh dari Pulau Bali, menjadikannya suatu pilihan alternatif destinasi wisatawan internasional. Data menunjukkan bahwa Pulau Lombok dalam beberapa tahun terakhir sudah mulai dilirik oleh wisatawan mancanegara. Menurut data direktorat Imigrasi Pada tahun 2015 jumalah wisatawan internasional yang masuk melalui bandara Lombok Internasional Airport mencapai 70.217, meningkat empat kalilipat daripada tahun 2011.

Bacaan Lainnya

Dengan mengusung konsep Wisata Halal, Pulau Lombok mampu untuk menjadi The World Best Halal Tourism Destination dan The World Best Halal Honeymoon Destination dalam ajang The World Halal Travel Summit/Exhibition di Uni Emirat Arab pada tahun 2015. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan didukung oleh pemerintah Indonesia terus meningkatkan fasilita-fasilitas penunjang konsep Wisata Halal yang telah dicanangkan.

Keindahan alam yang disajikan oleh Pulau Lombok dan sekitarnya tak kalah dengan keindahan alam pulau tetangganya, Pulau Bali. Banyak turism spot seperti Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno dan Gunung Rinjani yang menjadi icon pulau ini. Kekayaan alam yang dimiliki Pulau Lombok harus mampu dimaksimalkan oleh pemerintah setempat guna menambah spot-spot wisata yang menarik.

Meningkatnya jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian Indonesia. Ekonomi kerakyatan akan tumbuh lebih pesat ketika sektor pariwisata berkembang. Pusat-pusat kerajinan tangan, perdagangan kecil, jasa-jasa penunjang pariwisata semuanya akan tumbuh berkembang dan akan menyerap banyak tenaga kerja. Tentunya kondisi ini akan mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerahnya secara umum.

Pos terkait


Blibli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *