Pusat Data Nasional akan Disiapkan di Empat Lokasi, Salah Satunya di Cikarang

JAKARTA | INTIP24 News – Pusat Data Nasional (PDN) tengah disuapkan di empat lokasi dengan standarisasi data center yang berada di bawah Bappenas. Keempat lokasi itu adalah Cikarang, Batam, Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Labuan Bajo.

Hal itu disampaikan Kepala Bappenas/Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa

“PDN yang kita siapkan ada di empat tempat sebenarnya, pertama di Cikarang mudah-mudahan Oktober selesai,” kata Suharso dikutip Antara, Senin (1/7).

Suharso merinci empat lokasi PDN tersebut berada di Cikarang, Batam, Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Labuan Bajo.

Bacaan Lainnya

Bappenas juga mengusulkan pusat data milik PT Telkom yang berlokasi di Serpong juga dapat dimanfaatkan karena memenuhi syarat untuk dijadikan Pusat Data Nasional.

Kedua, (PDN) di Batam ada penundaan sedikit tapi di sana Telkom punya yang kuncinya ada di sana, kemudian ketiga di IKN dan keempat di Labuan Bajo. Jadi itu sedang persiapan,” katanya.

Suharso menambahkan bahwa kewenangan PDN berada di Kementerian Komunikasi dan Informatika, namun Bappenas mengatur standarisasi data yang dikelola PDN.

“Kami hanya memberikan misalnya data referensinya seperti apa, metadata standarisasi seperti apa, itu yang tugas kami,” tambah Suharso.

Sebagaimana diberitakan, PDN Cikarang didirikan dengan skema G-to-G financing, dengan bantuan dari Pemerintah Prancis dengan pendanaan sebesar 164.679.680 Euro atau setara Rp2,7 triliun.

Pos terkait