Tekuk Filipina 2-0, Timnas Indonesia Melenggang ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

JAKARTA | INTIP24 News – Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 malam tadi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024)

Dua gol kemenangan skuad Garuda dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-32 dan Rizky Ridho (56′).

Hasil ini memastikan Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 tanpa menunggu hasil Irak vs Vietnam. Dengan 10 poin, timnas tak akan terkejar lagi oleh Vietnam yang baru mengumpulkan enam poin menuju laga lawan Irak.

Apapun hasil laga Vietnam melawan Irak pada Rabu (12/6/2024) pukul 01.00 WIB, tidak akan berpengaruh bagi posisi timnas Indonesia.

Bacaan Lainnya
Brimo

Sementara, Irak sudah memastikan lolos lebih dulu dengan status juara Grup F.

Jalannya pertandingan mengawali babak pertama anak-anak asuh Shin TaeYoung langsung menekan Filipina. Sejumlah peluang didapat oleh Marselino Ferdinan.

Thom Haye merangsek dari kanan pada menit keenam, lalu memberi umpan tarik ke Ragnar Oratmangoen. Namun bola diblok oleh bek Filipina.

Haye kembali beraksi di kanan dua menit berselang, kali ini menerima sodoran dari Asnawi Mangkualam. Umpan silangnya ditanduk oleh Marselino dan masih tepat ke arah kiper Kevin Ray Mendoza.

Sebuah sepakan keras dari Calvin Verdonk dari sudut sempit di sisi kiri belum mengarah ke gawang. Bola meluncur deras ke atas.

Peluang emas buat Indonesia pada menit ke-28. Umpan silang Rafael Struick disambar Verdonk di tiang jauh, tapi masih bisa dihalau kiper dengan kaki!

Tak lama berselang, Marselino coba menusuk dan melepas tembakan dari tengah. Belum membuahkan hasil. Sundulan Justin Hubner dari sepak pojok juga cuma menyamping saja.

Indonesia memimpin pada menit ke-32. Timnas merebut bola di area tengah, lalu dialirkan ke Thom Haye. Haye lantas melepaskan sepakan terukur ke pojok kanan gawang dari depan kotak penalti.

Ragnar Oratmangoen melakukan sepakan spekulatif dari luar kotak penalti pada menit ke-42. Masih melesat ke atas mistar gawang saja. Skor 1-0 bertahan sampai babak pertama berakhir.

Timnas langsung menggebrak selepas rehat. Oratmangoen gagal menyambar bola di depan gawang, demikian pula pada kesempatan kedua saat Verdonk mengirim umpan.

Sebuah percobaan dari Jesper Nyholm hampir mengancam Indonesia. Bola masih berakhir di samping gawang.

Skuad Garuda mencetak gol kedua pada menit ke-56. Tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On disambar sundulan Rizky Ridho di depan gawang dan menaklukkan kiper.

Nyaris Indonesia mencetak gol ketiga pada menit ke-71. Sundulan Jay Idzes menyambut sepak pojok cuma membentur tiang gawang.

Timnas Indonesia terus mengontrol permainan. Skor tak berubah lagi sampai peluit panjang dibunyikan wasit.

Susunan pemain kedua kesebelasan:

Indonesia: 21-Ernando Ari; Asnawi Mangkualam (6-Sandy Walsh 83′), 3-Jay Idzes, 23-Justin Hubner, 5-Rizky Ridho, 4-Calvin Verdonk (Pratama Arhan 67′); 22-Nathan Tjoe-A-On (Ivar Jenner 63′), 19-Thom Haye, 7-Marselino Ferdinan, 11-Ragnar Oratmangoen (Dimas Drajad 83′); 9-Rafael Struick (Yakob Sayuri 63′)

Filipina: 15-Kevin Ray; 18-Jesper Nyholm, 17-Adrian Ugelvik, 21-Santiago Colminas, 2-Scott Woods; 6-Kevin Ingreso, 8-Michael Baldisimo, 14-Alex Monis, 20-Zico Bailey, 7-Dylan Demuynck; 9-Patrick Reichelt



Dark-Cyberpunk-Toko-Produk-Teknologi-Instagram-Post-20240613-124639-0000

Pos terkait