Berlangsung meriah Malam Suronan di Rt 04 Rw 09 Jl Kenanga Karangroto Genuk Semarang Timur

Jateng,INTIP24NEWS.COM – Semarang – Warga Jl Kenanga Rt 04 Rw 09 kelurahan Karangroto Kecamatan Genuk Semarang Provinsi Jawa Tengah pada hari Sabtu(06/07/24) ikut meramaikan Tahun baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriah.
Indonesia memiliki budaya dan tradisi yang bermacam-macam. Tradisi tersebut sudah dilestarikan dari zaman dahulu hingga kini. Seiring berkembangnya zaman, tradisi tersebut terbelakangi dan tergantikan oleh pembaharuan-pembaharuan yang modern. Padahal, di era yang serba digital ini, seharusnya tradisi dan budaya Indonesia lebih berpotensi untuk berkembang dan bisa berpatisipasi penuh untuk menyebarluaskan tradisi yang sudah ditinggalkan oleh leluhur.

Tradisi yang sudah terbangun secara turun-temurun sebaiknya terus dilestarikan agar nilai-nilai luhur yang ada di lingkungan sekitar tetap terjaga. Kerukunan umat beragama juga dapat terwujud melalui kearifan lokal, sehingga nilai toleransi dapat ditanamkan pada generasi penerus.

Seperti halnya yang dilakukan oleh warga Jl Kenanga Rt04 Rw09 Karangroto, mengadakan acara Sarasehan Malam 1 Suro, Sabtu (6/7/2024) Pukul 19.30 Wib, di halaman Mushola Al Ihklas.
Dengan Tema “Wujudkan Semangat Baru, Kehidupan Baru Menuju Kesuksesan dan Kebaikan Dunia maupun Akhirat”.

Dalam acara tersebut di hadiri Agung selaku ketua Rt setempat bersama staf pengurus, lalu hadir juga Al mukharom Ustadz Kh. Gus Zali ,Kyai Mualim, Kyai Ali, Kyai Kristanto,Kyai Anton, lalu Tokoh masyarakat Mbah Kuntardi ,Mbah Di, para Santri penabuh Rebana beserta seluruh warga Rt04 Rw09 Kelurahan Karangroto Genuk Semarang.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatannya Kyai Agung selaku ketua Rt menuturkan, Alkhamdulillh untuk warga Rt04 Rw09 Karangroto malam hari ini ikut merayakan memperingati malam 1 Muharam atau 1 Suro dengan antusias dan di sertai Rebana anak-anak ,begitu meriah Alkhamdulillah , semoga di tahun yang akan datang tetap terjaga Silaturahmi ini dengan baik dan juga menjadikan berkah untuk warga Rt04 Rw09 Kelurahan Karangroto Kecamatan Genuk Kota Semarang,’ pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Al Mukharom Ustadz Kh. Gus Zali juga memaparkan sedikit penjelasan mengenai Apa arti rasa syukur terhadap Allah SWT, Lalu 1 Muharam merupakan salah satu hari yang di mulyakan oleh Kanjeng Rasullullah Sallawhohu Alaihi Wassallam.
Semoga di tahun baru hijriah ini, kita semua diberikan semangat baru, kehidupan baru menuju kesuksesan dan kebaikan dunia akhirat,’tuturnya.

Warga Jl Kenanga Rt04 Rw09 Karangroto saat malam itu juga di hibur dengan para Santri muda dalam memainkan kebolehannya memainkan musik Rebana. Sebuah kebanggaan buat Warga Rt04 Jl Kenanga mempunyai grup Rebana sendiri di bawah kepemimpinan Bunda Titik.
Menyoroti Lingkungan Jl Kenanga Rt04 Rw09 yang di dalamnya juga banyak warga baru, yang menempati rumah barunya maupun masih kontrak. Salah satu penghuni baru bernama Endang Sri Purwanti dan Hadi Purwono mengaku merasa nyaman di Lingkungan tersebut, bahkan memberikan apresiasi baik dan setinggi-tingginya kepada Lingkungan Warga Jl Kenanga Rt04 Rw09 Karangroto karena terlihat Para warganya bisa mampu mencetak generasi muda yang berakhlakul karimah.
Semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan serta kekuatan kepada seluruh warga Rt 04 dalam memajukan kemandirian para santri setempat serta generasi penerus,” harap Hadi dan Endang yang merupakan warga baru. (Pewarta: HP).

Pos terkait