Ketua DPRD Banten Tidak Tegas Sikapi Persoalan Seleksi Anggota Komisioner KI

SERANG | INTIP24 News – Hal ini dikatakan oleh Ketua Badko HMI Jabodetabek Banten Bidang Informasi Publik Saepul Bahri kepada awak media Rabu 22 Mei 2024. 

Polemik di tubuh KI Banten sendiri terjadi tatkala Komisi I DPRD Provinsi Banten diduga mencoret nama calon komisioner Komisi Informasi (KI) Banten

Tidak tanggung-tanggung yang dicoret oleh Komisi I DPRD adalah perwakilan Pemerintah Provinsi Banten atas nama Moch Ojat Sudrajat. Namun, menurut pandangan Saepul Bahri kalau DPRD Provinsi Banten dalam hal ini Komisi I sudah melakukan sesuai mekanisme otoritas Dewan dalam memilih Pimpinan KI Provinsi Banten.

Otoritas itu diantaranya uji kelayakan dan kepatutan dan Pemeringkatan (Pleno).  “Adapun Unsur Pencerminan Pemerintah itu bisa ditunjuk oleh DPRD dari 5 nama yg akan ditetapkan. Bukankah yang disebut DPRD juga bagian dari pemerintah,” ujarnya. 

Bacaan Lainnya
Brimo

Untuk itu ia meminta kepada Andra Soni sebagai Ketua DPRD mestinya tidak ragu untuk menandatangani hasil dari Rapat Komisi I untuk segera diumumkan untuk selanjutnya pembuatan SK oleh PJ Gubernur Banten. 

Karena mekanisme seleksi tahap akhir di komisi I sudah selesai dan sesuai dengan mekanisme perundang-undangan,” ujarnya.  Prinsipnya, dalam bekerja dan menjalankan tugas fungsinya, dewan tidak boleh diintervensi oleh siapapun. 

Bila mekanisme sudah bergulir, ya harus konsisten dilanjutkan. Tinggal nanti diuji melalui mekanisme lainnya, apabila ada ketidak puasan atau gugatan hukum,” ujarnya. 

Ketua Komisi I DPRD Banten Ahmad Jazuli Abdillah mengatakan, pihaknya tidak mencoret perwakilan pemerintah.

Dia menjelaskan, basis seleksi calon komisioner KI Banten adalah skoring atau nilai. Penilaian itu dimulai sejak seleksi tes CAT, wawancara, dan lain-lain. Setelah nilai diakumulasi, secara kebetulan perwakilan dari Pemerintah Provinsi Banten tidak masuk dalam 10 besar.

Setelah nilai diakumulasi, maka diurutkan berdasarkan skor tertinggi. Lalu dipilih 10 orang, lima sebagai calon KI Banten dan lima lainnya sebagai cadangan.



Dark-Cyberpunk-Toko-Produk-Teknologi-Instagram-Post-20240613-124639-0000

Pos terkait