Resmikan Bendungan Cipanas, Wapres Ma”rup Amin Berharap Capai Target Ketapang di Sektor Pertanian

Indramayu, intip24news.com – Presiden Ir Joko Widodo melalui Wakil Presiden Ma”rup Amin meresmikan Bendungan Cipanas di Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Selasa (09/7/24).

Dalam peresmian itu hadir juga Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat  (PUPR) Basuki Hadimuljon, Pj Gubernur Jawabarat Bey Machmudin, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Dedi Wahidi, Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli serta Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH C.R.A.

Ma”rup Amin dalam pidatonya mengatakan, Bendungan Cipanas  diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, terutama para petani, kemudian juga bisa mendorong tercapainya ketahanan pangan (Ketapan ) di semua sektor pertanian,” kata Ma”rup Amin.

Pasalnya, bendungan Cipanas merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) dibangun untuk kepentingan berbagai sektor pertanian di Sumedang dan Indramayu dapat menampung air 250 juta meter kubik lebih dan bisa mengairi sawah hingga 1300 hektar lebih,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Ma”rup Amin menambahkan, bendungan Cipanas ini, selain bisa menampung  ketersediaan air baku pertanian, juga dapat menjadi pembangkit listrik serta pengendalian banjir,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Indramayu Hj Nina Agustina dalam sambutannya menjelaskan, “saya berterima kasih kepada Bupati serta masyarakat Sumedang yang telah mendukung pembangunan Bendungan Cipanas ini,” ucap Nina.

“Meski letaknya di kabupaten Sumedang, akan tetapi seratus persen manfaatnya untuk warga Indramayu dan ini sangat luar biasa untuk mendorong peningkatan produksi pangan bagi petani serta kami ucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak terutama kepada pemerintah pusat bapak Presiden Ir Jokowidodo yang sudah meresmikan Bendungan Cipanas yang diwakilkan oleh Bapak Ma”rup Amin selaku Wakil Presiden Republik Indonesia,” jelaa Nina.

Atim sawano sp

Pos terkait