Untuk Tingkatkan Profesionalisme, Forum Wartawan KP3B Menggelar Pelatihan Jurnalistik

KOTA SERANG|INTIP24NEWS.COM – Forum Wartawan (KP3B) Provinsi Banten menggelar acara pelatihan jurnalistik yang berlangsung meriah di aula SMK Pelayaran Nusantara, Panancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten. Sabtu, (6/7/24).

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, Lesman Bangun, Ketua SMSI Provinsi Banten, Arif Agus Rahman dari Biro Adpim Setda Provinsi Banten, serta Wakapolres Ali Rahman yang mewakili Kapolres Kabupaten Serang. Hadir juga berbagai stakeholder terkait lainnya yang turut memeriahkan kegiatan ini.

Tujuan utama acara ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme wartawan dan memperkuat kolaborasi antarmedia di Banten, dengan harapan bahwa pemberitaan yang positif akan mendukung pembangunan Provinsi Banten secara menyeluruh.

Lesman Bangun, sebagai narasumber utama, menyampaikan aspirasinya agar acara ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan keterampilan wartawan dalam menulis, meliput berita, dan menyajikan informasi yang membangun Banten.

Bacaan Lainnya

“Dengan terselenggaranya acara ini, semoga para wartawan di Banten dapat terus meningkatkan kualitas dan etika jurnalistik,” ujar Lesman Bangun.

Selama sesi inspiratif tersebut, Lesman Bangun tidak hanya membahas teknik-teknik jurnalistik modern, tetapi juga berbagi pengalamannya mengenai lika-liku sejarah pers di Indonesia. Menurutnya, sejarah pers merupakan cerminan perjuangan panjang untuk kebebasan berekspresi dan penyebaran informasi yang benar kepada masyarakat.

Ali Rahman, Wakapolres Kabupaten Serang, turut memberikan pandangan tentang tanggung jawab besar wartawan dalam menghasilkan pemberitaan yang seimbang dan berdasarkan fakta untuk mendukung evaluasi kinerja pemerintah oleh masyarakat.

Arif Agus Rahman dari Biro Adpim Setda Provinsi Banten menegaskan peran krusial jurnalis sebagai penghubung antara pemerintah dan masyarakat, serta pentingnya terus meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya.

Acara pelatihan ini tidak hanya menyediakan sesi teori, tetapi juga diskusi mendalam mengenai tantangan-tantangan dalam dunia jurnalistik serta workshop praktis untuk meningkatkan keterampilan wartawan dalam menulis dan meliput berita.

Peserta dari berbagai media lokal di Banten memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan ini, menganggapnya sebagai langkah progresif dalam meningkatkan kualitas dan standar profesionalisme dalam penyampaian informasi kepada masyarakat Provinsi Banten.

M. DZ.Toha, sebagai ketua FW-KP3B yang menginisiasi acara ini, menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah berpartisipasi.

“Acara ini diharapkan mampu menumbuhkan dampak positif dalam memperkuat peran jurnalis sebagai penjaga kebenaran dan pilar demokrasi di wilayah Banten,” tutup Toha Ketua FW-KP3B.

( WS/ Rls )

Pos terkait