Tangani Truk Tambang, Dishub Tangerang dan Bogor Gelar Rapat Bersama

BOGOR | INTIP24 News – Menindak lanjuti permasalahan penanganan kendaraan tambang di jalur Parungpanjang. Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dan Kabupaten Tangerang, Banten, menggelar rapat bersama.

Kabid Lalin Dishub Kabupaten Bogor Dadang Kosasih mengatakan rapat digelar Rabu (10/1/2024) kemarin. Tiap pihak melaporkan terkait permasalahan di jalur yang kerap dilewati truk tambang.

“Ini kan masih saling melaporkan dulu, laporan. Intinya mau ada operasi gabungan Kabupaten Tangerang dengan kita (Kabupaten Bogor),” kata Dadang kepada wartawan, Kamis (11/1).

Dadang menjelaskan, peraturan Bupati (Perbup) Bogor dan Tangerang telah mengatur jam operasional truk tambang. Jam operasional adalah pukul 22.00-05.00 WIB.

Bacaan Lainnya

“Kan perbup kita sudah sama nih, kalau truk (beroperasi) di luar jam operasional, kita tindak,” ujarnya.

Dadang menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukannya adalah membangun kantung parkir truk. Dia menyebutkan Dishub Kabupaten Tangerang menyambut baik hal tersebut.

“Salah satu tanggapan positif dari Tangerang itu kita bikin kantung parkir itu sangat berterima kasih,” tuturnya.

Sebagaimana diberitakan, selumnya Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu mengungkapkan kantong parkir untuk kendaraan truk angkutan tambang di wilayah Parungpanjang bakal rampung pada akhir Januari.

“Hari ini kami kembali turun ke wilayah untuk memastikan progres pembangunan kantong parkir angkutan tambang, sedang dalam proses yang saat ini sudah progresnya di kisaran 60%,” kata Asmawa, Senin (8/1).

“Artinya tidak menunggu lama, insyaallah paling lambat akhir Januari sudah bisa digunakan kantong parkir tersebut. Itu adalah salah satu upaya ikhtiar kami dalam waktu jangka pendek,” sambungnya.

Menurut dia, hal itu sudah sesuai kewenangannya. Sebab, lanjut Asmawa, bicara mengenai tambang itu, banyak pihak yang terlibat, bukan hanya Kabupaten Bogor, tapi juga ada pihak provinsi dan nasional.

“Hari ini kita cek langsung ke lokasi kantong parkir yang mudah-mudahan mulai besok pemadatan sudah bisa digunakan dalam rangka pembatasan jam operasional angkutan tambang,” tegasnya.

Pos terkait


Blibli