Wujudkan Komitmen Bupati Heri Amalindo, Pemkab PALI Teken MOU dengan Pemkab Sumedang

SUMEDANG | INTIP24 – Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Dr Ir H Heri Amalindo MM melalukan kerjasama dengan Bupati Sumedang Jawa Barat dalam rangka Penyelenggaran Pemerintahan, Pembangunan dan Pengembangan Potensi Daerah.

Penandatanganan tersebut dilakukan Bupati Heri Amalindo diwakili Sekda PALI Kartika Yanti pada Selasa 12 September 2023 di ruang Command Cenrer Pusat Pemerintahan kabupaten Sumedang.

Pada penandatanganan tersebut, hadir juga Asisten 2, sekretaris Inspektorat kabupaten PALI, Kepala Bappeda, Plt Kepala Diskominfo dan  Kepala BKPSDM Kabupaten PALI.

Dikemukakan Sekda PALI bahwa kerjasama tersebut merupakan bentuk komitmen Bupati Heri Amalindo untuk meningkatkan penyelenggaran pemerintahan, pembangunan dan pengembangan potensi daerah.

Bacaan Lainnya

“Kita ketahui bahwa semangat Bupati PALI sejak beliau memimpin cukup tinggi. Terbukti setiap beliau menyampaikan pesan terhadap pegawai selalu menekankan untuk berlari capat agar PALI cepat maju. Untuk itulah, dalam peningkatan pelayaran, pak Bupati melakukan kerjasama ini dengan Pemkab Sumedang,” ungkap Sekda.

Menurut Sekda, dipilihnya Pemkab Sumedang karena pemerintah daerah tersebut telah berhasil membuat sejumlah terobosan yang mendapat apresiasi dari pemerintah provinsi Jawa Barat maupun pemerintahan pusat.

“Kita nantinya akan mencontoh bagaimana Pemkab Sumedang bisa maksimal melakukan pelayanan, meningkatkan kinerja pegawai, kemudian pemanfaatan digitalisasi dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa dalam setiap pelaporan, data maupun untuk transparansi penggunaan anggaran serta bagaimana strategi untuk bisa cepat menurunkan angka stunting,” jelasnya.

Sementara itu, Plh Sekda Sumedang,  Tuti Ruswati yang mewakili Bupati Sumedang menyambut baik kerjasama tersebut.

“Kita akan sharing dan memberikan apa yang dibutuhkan kabupaten PALI. Semuanya gratis,” ucap Plh Sekda Sumedang.

Ditempat sama, Plt Kepala Dinas Kominfo kabupaten PALI Khairiman bahwa untuk mengaplikasikan sistem yang telah diterapkan Pemkab Sumedang akan dilakukan Pemkab PALI secara bertahap.

“Nantinya kita akan terapkan pelaporan seluruh kegiatan dengan sistem digitalisasi. Dimana absensi pegawai melalui aplikasi serta setiap hari seluruh pegawai melakukan pelaporan rencana kerja kedalam sistem. Namun untuk penerapannya akan dilakukan secara bertahap,” tandasnya.

Khairiman juga menjelaskan maksud kerjasama antara Pemkab PALI dengan Pemkab Sumedang adalah untuk mewujudkan efisiensi efektivitas, serta sinergitas dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta penyediaan pelayanan publik.

“Objek kesepakatan bersama adalah kerjasama penyelenggaran pemerintahan pembangunan dan pengembangan potensi daerah di kabupaten PALI dengan ruang lingkup bidang informasi dan komunikasi, bidang kesehatan, bidang kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif,” paparnya.

Selain itu, objek kesepakatan bersama lainnya disebutkan Khairiman adalah bidang kepemudaan dan olahraga, bidang koperasi dan UKM, bidang pertanian dan peternakan serta bidang ketahanan pangan dan perikanan.

“Juga bidang-bidang lain yang disepakati bersama sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan perUndang-Undangan. Dengan harapan pelayanan di kabupaten PALI bisa maksimal dengan sistem digitalisasi dan terwujud transparansi penyelenggaran pemerintahan di kabupaten PALI,” harapnya.(Editor Dharmawan SE/Amrin, AMd)

Pos terkait


Blibli