Konflik Israel Hamas Meluas ke Laut Merah, AS Bentuk Satgas Multinasional Hadapi Militer Houthi

INTIP24 – Amerika Serikat (AS) mengerahkan satuan tugas angkatan laut multinasional untuk menghadapi serangan milisi Houthi, Yaman di Laut Merah dan Teluk Aden sejak hari Senin.

Sepuluh negara secara resmi diumumkan sebagai peserta: AS, Inggris, Kanada, Prancis, Italia, Belanda, Norwegia, Seychelles, Spanyol, dan Bahrain.

Mereka akan berbagi intelijen maritim di wilayah tersebut dan melakukan patroli bersama.

Kelompok angkatan laut ini akan dikoordinasikan oleh Satuan Tugas Gabungan 153 (CTF-153), sebuah inisiatif pimpinan AS yang dibentuk pada bulan April lalu untuk memberikan keamanan maritim di Laut Merah, Bab el-Mandeb, dan Teluk Aden.

Bacaan Lainnya

Militan Houthi yang berpengaruh di Yaman telah meningkatkan serangan terhadap kapal-kapal di wilayah tersebut di tengah meningkatnya konflik Israel-Hamas di Gaza.

Dengan jumlah korban tewas di antara warga Palestina yang dilaporkan mendekati angka 20.000, kelompok pejuang bersenjata telah bersumpah untuk melanjutkan serangan mereka sampai agresi Israel terhadap saudara-saudara mereka di Jalur Gaza berhenti.

Dilansir kantor berita Politico, pejabat militer AS di Pentagon mengatakan biaya penggunaan rudal permukaan-ke-udara angkatan laut AS untuk menangkal serangan rudal dan drone militer Houthi semakin mengkhawatirkan,

Setiap amunisi dilaporkan bernilai sekitar 1.000 kali lipat dibandingkan drone yang digunakan.

“Hal ini dengan cepat menjadi masalah karena keuntungan terbesar, meskipun kita benar-benar menembak jatuh rudal dan drone mereka, tetap menguntungkan mereka,” kata Mick Mulroy, mantan pejabat Departemen Pertahanan AS dan perwira CIA.

“AS perlu mulai mempertimbangkan sistem yang lebih murah agar lebih sesuai dengan biaya yang dikeluarkan oleh lawan-lawan mereka,” ia menambahkan.

Metode yang paling mungkin digunakan dalam menangkis serangan Houthi adalah Standard Missile-2, dengan jangkauan 92 hingga 130 mil laut dan masing-masing menelan biaya $2,1 juta.

1 2

Pos terkait


Blibli