Disetujui Rapat Paripurna DPR, Politikus PPP Arsul Sani Dilantik Jadi Hakim MK

JAKARTA | INTIP24 News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Arsul Sani sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (18/1/2024). Arsul Sani terpilih sebagai hakim MK atas persetujuan DPR.

Pria berlatar belakang advokat ini merupakan politisi PPP yang sempat menjabat sebagai Wakil Ketua MPR dan anggota Komisi II DPR RI.
Ia menggantikan Wahiduddin Adams yang memasuki masa pensiun sejak 17 Januari 2024 lalu.

Selain jabatan sebagai anggota dewan, Arsul juga malang melintang di dunia hukum. Dia pernah berkarir di LBH Jakarta, kantor hukum Ted & Partner, Karim Sani Lawfirm, hingga Dunhill Madden Butler.

Arsul Sani disetujui sebagai calon hakim konstitusi terpilih pada Rapat Paripurna Ke-7 DPR RI Masa Persidangan I Tahun Sidang 2023—2024, Selasa (3/10/2023).

Bacaan Lainnya

Arsul juga menyatakan untuk tidak diikutsertakan dalam mengadili Perkara Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang berhubungan PPP.

“Saya juga secara informal karena belum (dilantik), ingin juga nanti kalau memang saya sudah efektif, sudah mengucapkan sumpah sebagai hakim, itu minta agar dalam sengketa PHPU itu sepanjang yang menyangkut PPP saya tidak ikut. Saya tidak boleh ikut,” kata Arsul saat ditemui di Gedung MK RI, Jakarta, Rabu (10/1), dikutip dari Antara.

Dalam kaitannya sebagai politikus PPP, Arsul akan meminta kepada delapan hakim konstitusi yang lain untuk tidak mengikutsertakan dirinya dalam PHPU yang dimohonkan atau yang menggugat PPP terkait hasil Pemilu Legislatif.

1 2

Pos terkait


Blibli