Siap-siap, Akan Ada Kenaikan Tarif KRL Commuter Line Jabodetabek

JAKARTA | INTIP24 News – Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto mengatakan akan ada kenaikqn tarif Commuter Line Jabodetabek. Nwmun pihaknya selaku operator  masih menunggu arahan regulator dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub

“Masalah kenaikan tarif nanti pemerintah akan menetapkan. Akan ada kenaikan, ada. Tunggu tanggal mainnya,” ujar Asdo di Kantor KAI Commuter, Jakarta, Kamis (11/1/2024).

Dikatakannya, KRL Jabodetabek memang belum pernah mengalami kenaikan lagi sejak 2016.

“Itu masih di level regulator ya, karena kita operator saja. Kalau sistem kita mengikuti dari regulator, karena kita kan PSO (kewajiban pelayanan publik), kalau pemerintah menetapkan,” dia menambahkan.

Bacaan Lainnya

Saat ditanya berapa seharusnya harga keekonomian dari tarif saat ini, ia tidak bisa memastikan lantaran pengoperasian KRL bersifat penugasan dari pemerintah.

“Artinya, biaya operasi semuanya ditanggung pemerintah. Jadi KCI ini mengoperasikan KA-KA pemerintah selaku penugasan. Jadi pembiayaannya, semua baik biaya perawatan sarana prasarana, plus margin 10 persen, itu sistem PSO,” paparnya.

“Jadi kita tidak khawatir. Mau naik ya naik aja, toh kita juga diganti pemerintah,” tegas Asdo.

Sebagaimana diberitakan, di luar soal kenaikan tarif, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sempat menginisiasi pemberlakuan skema subsidi silang, dimana orang kaya bakal membayar tiket sesuai harga keekonomian untuk mensubsidi kelompok yang kurang mampu.

PT KAI (Persero) selaku induk usaha dari KCI pun masih menunggu hasil pembahasan Kemenhub selaku regulator. “Kita sebagai operator belum (memutuskan), masih pembahasan di Kementerian Perhubungan,” ujar Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Saat ditanya lebih lanjut, ia belum mau bicara lebih lanjut soal proses pemisahan tarif KRL. “Masih dikaji,” ucapnya singkat.

Dilaporkan, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mencatat total volume pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek selama 2023 mencapai 290.890.677 orang, atau setara 290 juta penumpang.

Sedangkan volume pengguna selama masa libur dan cuti bersama Nataru (23-26 dan 30-31 Desember hingga 1 Januari 2024), KRL Jabedetabek melayani penumpang sebanyak 5.582.007 orang.

Pos terkait


Blibli