Semarak Milad ke-111 Muhammadiyah Kabupaten Serang, Din Syamsudin: Empat Alasan Indonesia Dukung Perjuangan Rakyat Palestina

SERANG | INTIP24NEWS.COM – Mantan Ketua Umum PP. Muhammadiyah Din Syamsudin mengatakan bahwa ada empat dasar dan alasan Ummat Islam di Indonesia mendukung perjuangan rakyat Palestina.

Pertama, dasar keagamaan, kedua dasar kemanusiaan, ketiga dasar historis dan keempat atas dasar konstitusional negara kita yaitu UUD 1945.

Hal ini disampaikannya saat memberikan ceramah pada acara semarak Milad ke-111 Persyarikan Muhammadiyah yang diselenggarakan oleh Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Serang di Mesjid Darul Arqam PCM Pontang, Kabupaten Serang, Banten, Jumat ( 24/11/2023 ).

Dalam uraiannya, Din Syamsudin menyatakan bahwa dukungan kuat Ummat Islam dan rakyat Indonesia terhadap rakyat Palestina karena di Palestina terdapat kiblat pertama Ummat Islam yaitu Baitul Maqdis sebelum Allah memerintahkan pindah ke Ka’bah di Kota Mekah.

Bacaan Lainnya

Di Palestina juga terdapat Masjidil Aqsha yang di dalam Al Qur’an diabadikan di dalam surat Al Isra, sebagai tempat singgahnya Nabi Muhammad saat peristiwa Isra Mi’raj sebelum melakukan Mi’raj ke Sidratul Muntaha.

Yang kedua, dukungan kuat itu juga didasarkan atas faktor historis atau sejarah, di mana bangsa yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia adalah bangsa Palestina melalui Mufti besar Palestina saat Itu Syekh Amin Al Husyaeni, uniknya pengakuan itu disampaikan 11 bulan sebelum Indonesia merdeka.

Faktor yang ketiga adalah karena atas dasar kemanusiaan. Serangan Israel terhadap Palestina sudah di luar batas peri kemanusiaan.

Sampai hari ini saja sejak konflik 7 Oktober 2023, sudah 14.000 warga Palestina tewas. Sebagian besar adalah wanita dan anak anak.

Tindakan Israel ini jelas merupakan upaya Genoside yang bertentangan dengan nilai nilai kemanusiaan.

Yang ke empat, mengapa dukungan rakyat Indonesia begitu kuat terhadap perjuangan Rakyat Palestina?

“Karena dalam Pembukaan UUD RI 1945 dinyatakan bahwa Kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa. Dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.” Pungkas Dien Syamsudin mengakhiri ceramahnya.

Sementara di tempat yang sama Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Serang, Mabrur AMS menyatakan bahwa selain Pengajian yang di isi oleh Prof. Dr. KH. Dien Syamsudin, MPd.

Acara perayaan Milad ke-111 Muhammadiyah di Kabupaten Serang ini juga diselenggarakan Pawai Ta’aruf oleh seluruh Warga Muhammadiyah serta Pengukuhan Pengurus Cabang Muhamadiyah Kecamatan se- Kabupaten Serang.

” Iya Pengajian dengan Penceramah Pak Dien ini adalah salah satu rangkaian penutup dalam rangka memeriahkan Milad Muhammadiyah ke-111 di PDM Kabupaten Serang.
Tadi pagi kita juga menyelenggarakan Pawai Ta’aruf serta Pengukuhan 7 Pengurus Cabang Muhammadiyah yaitu , Pontang , Tirtayasa , Ciruas , Petir , Keragilan , Pulo Ampel dan Cinangka.” Paparnya.

Hadir dalam Acara tersebut , Sekretaris PW. Muhammadiyah Banten , Prof. Dr. H. Zakaria Syafei , Mpd. Ketua PD Aisyiah Kabupaten Serang, Rochayati, SPd. Para Ketua Ortom Muhammadiyah Kab. Serang , Camat Pontang, Samsuri, SE. Perwakilan dari Ormas NU serta Para Ketua PC Muhammadiyah se Kabupaten Serang.

Dalam Acara tersebut juga terkumpul secara spontanitas sumbangan Warga Muhammadiyah untuk Rakyat Palestina sebesar 27 juta Rupiah yang langsung diserahkan kepada LAZISMU Banten untuk di salurkan kepada Rakyat Palestina.

( WS/ TLS ).

Pos terkait


Blibli